Featured post

Review Acer Nitro 5 laptop gaming tahun 2019

Hore-hore . Acer hadirkan kembali laptop game yang siap perang pasar di indonesia yakni laptop Acer nitro 5. Laptop ini di seting baut mengi...

Doa Qunut Subuh, Nazilah, Witir Pendek Penjelasan lengkap bahasa indonesia

Doa Qunut Nazilah, Witir ,Pendek Penjelasan lengkap bahasa indonesia, Doa Qunut Nazilah sesuai sunnah merupakan salah satu doa sesudah sholat. ada berbagai macam versi Doa Qunut yaitu Qunut Subuh dan Qunut Nazilah, berikut saya akan membagikan Doa Qunut Subuh, Nazilah, Witir ,Pendek Penjelasan lengkap bahasa indonesia tentunya dilengkapi dengan versi Doa Qunut mp3 agar pengunjung dapat mendengarkan sekaligus membacanya.
sumber : Tribunnews


Apa itu QUNUT ?

Qunut  Secara etimologi kata Qunut (الْقُنُوْتُ) berasal dari bahasa arab yang meimiliki beberapa makna diantaranya berdiri lama, diam, selalu taat, tunduk, doa dan khusus. Sedangkan secara istilah qunut adalah doa yang di baca seorang muslim dalam sholat.

Waktu Pelaksanaan Qunut 

Terdapat 2 macam qunut ditinjau dari bacaannya yaitu:

  1. Qunut Subuh
  2. Qunut Nazilah 

Qunut Subuh Qunut yang di baca dalam sholat subuh pada i'tidal rakaat akhir.
Qunut  Nazilah yang di baca selain pada sholat subuh namun bisa juga di baca pada sholat subuh, makna dari doa qunut nazilah lebih kepada meminta perlindungan dari marabahaya.

Doa Qunut Penjelasan Lengkap Terjemah Bahasa Indonesia

  • Qunut Subuh 

 اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيَْتَ تَبَارَكْت رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

"Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimantawallait, Wabaariklii fiimaaa toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya idzuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astagfiruka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallam"

Artinya: Ya Allah semoga Engkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah Engkau berikan petunjuk, Dan semoga Engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah Engkau berikan keselamatan, Dan semoga Engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah Engkau berikan pertolongan, Dan semoga Engkau memberikan berkah kepadaku dari hal yang telah Engkau tetapkan, Dan semoga Engkau memeriksa kami dari rahmat-Mu dari keburukan yang telah Engkau tetapkan, Dan sesungguhnya Engkaulah yang Maha Menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya Engkau tidak bisa hina, orang yang Engkau sayang, Dengan tidak memuliakan orang yang di musuhi oleh-Mu, Dan Mahatinggi Allah maka tetap segala puji bagi-Mu, Oleh hal yang sudah Engkau hukum, aku memohon pengampunan dan taubat kepada-Mu, Dan semoga Engkau menambahkan rahmatnya kepada gusti kita nabi muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat Nabi Muhammad dan para sahabatnya, Semoga Allah menambahkan keberkahan dan keselamatan.

Doa Qunut Subuh MP3
Klik Disini Untuk Mendengarkan Qunut Subuh mp3

  • Qunut Nazilah

ؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ ,اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَكَ, اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْنَ

 “Allahummaghfir lanaa walilmu’miniina walmu’minaati walmuslimiina walmuslimaati walif baina quluubihim wa aslih dzata bainihim wanashurhum ‘alaa adzuwwika wa’adzuwihim”. “Allahummal’an kafarata ahlal kitaabi alladzina yashudduna ‘an sabiilika wayukadzibuuna rusulaka wayuqootiluuna auliyaaika”. “Allahumma kholiif baina kalimihim wazalzil iqdaamahum wainzil bihim ba sakallladzii latarudduhuu ‘anilqaumil mujrimiin”

Artinya: "Ya Allah! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka. Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu. Ya Allah! Cerai-beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka, dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat”

Doa Qunut Nazilah MP3
Klik Disini Untuk Mendengarkan Qunut Nazilah mp3

  • Qunut Witir

masalah lainnya yang masih banyak dipertanyakan oleh sebagian kalangan adalah doa qunut witir yang dimulai pada pertengahan bulan Ramadhan.

Ulama’ Syafi’iyyah telah merumuskan dalam beberapa kitab fiqihnya bahwa, disunnahkan melakukan qunut witir pada akhir rokaat sholat witir di separuh bulan Ramadhan akhir.

Karena dalam suatu riwayat Imam Abu Dawud menceritakan bahwa sahabat Nabi yang bernama Ubay bin Ka’ab telah melakukan Qunut semasa khalifah Umar bin Khattab.

Pada saat itu beliau mengumpulkan orang untuk melakukan sholat tarawih. Bahkan dalam riwayat lain, Nabi SAW telah mengajarkan qunut pada cucunya Sayyid Hasan bin Ali Karromallahu Wajhah. Kemudian dasar yang digunakan oleh generasi Ulama’ berikutnya adalah kitab-kitab rujukan yang ada seperti dalam Al-Adzkar hal: 57: Menurut pendapatku (yaitu Imam Nawawi), disunnahkan membaca Qunut dalam separuh bulan Ramadhan yang akhir, pada rakaat akhirnya sholat witir. Masalah khilafiyah ini tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan konflik dan memicu perpecahan.

Maka sebagai Ahlus Sunnah Wal Jama’ah sebaiknya menyikapi perbedaan ini dengan bijak dan dewasa. Karena bagaimana pun itu, keutuhan dan persatuan umat Islam tetaplah yang terpenting daripada hanya mengurusi khilafiyah ini. Bukankah Nabi SAW bersabda: “Perbedaan diantara umatku adalah Rahmat”.

Hukum Bacaan

Terdapat 3 perbedaan pendapat para ulama :

  • Pendapat pertama: Qunut subuh di sunnahkan dibaca secara terus menerus. Ulama yang berpendapat demikian adalah Malik, Ibnu Abi Laila, Al-Hasan bin Sholih dan Imam Syafi’iy
  • Pendapat kedua: Qunut subuh tidak di syariatkan karena sudah mansukh atau terhapus hukumnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Abu Hanifah, Sufyan Ats-Tsaury dan lain-lainnya dari ulama Kufah
  • Pendapat ketiga: Membaca qunut pada sholat subuh tidaklah di syariatkan kecuali membaca qunut nazilah maka boleh membaca qunut nazilah dalam sholat subuh dan sholat lainnya. Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Ahmad, Al-Laits bin Sa’d, Yahya bin Yahya Al-Laitsy.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermamfaat :)

0 Response to "Doa Qunut Subuh, Nazilah, Witir Pendek Penjelasan lengkap bahasa indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel