Featured post

Review Acer Nitro 5 laptop gaming tahun 2019

Hore-hore . Acer hadirkan kembali laptop game yang siap perang pasar di indonesia yakni laptop Acer nitro 5. Laptop ini di seting baut mengi...

Apa itu HTML ? : Belajar HTML Dasar lengkap

Sering mendengar kata HTML ? disini saya akan membagikan Dasar-Dasar Html untuk belajar bagi pemula secara lengkap, Menurut Wikipedia adalah Hypertext Markup Language sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Pengenalan HTML dan HTML5 

HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa standar yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. Dokumen html terdiri dari elemen-elemen yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan.

HTML pertama kali dikenalkan oleh IBM pada tahun 1980. Saat itu tercetus ide untuk menempatkan elemen elemen yang berguna untuk menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen. Pada akhirnya elemen element tersebut dibentuk menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis.

Bahasa pemrograman untuk melakukan tugas ini disebut sebagai bahasa markup. IBM menamai program ini sebagai Generalized Markup Language. Pada tahun 1986, konsep ini disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar untuk pembuatan dokumen.

Alasan mengapa perlu menggunakan HTML 5 antara lain.

  1. Fitur masih berdasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript. 
  2. Mengurangi penggunaan plugin dari pihak ketiga (seperti flash, dll).
  3. Penanganan kesalahan lebih mudah diatasi.
  4. Lebih markup dan scipting.
  5. Lebih independen.Pengembangan ke publik yang lebih baik. 

Struktur Dasar HTML

Setiap bahasa pemrograman biasanya memiliki standard struktur dasar penulisan, begitu juga dengan HTML. Struktur dasar dari HTML adalah sebagai berikut:
Elemen yang ada pada bagian head antara lain:

a.     Tag <tittle>digunakan untuk memberi judul dokumen.Contoh: <tittle> Judul Dokumen </tittle>

b. Tag <base> digunakan untuk menentukan baris URL sebagai dokumen.Contoh: <base target=”_blank” />
c.  Tag <link> digunakan untuk menunjukkan relasi antar dokumen HTML.

Contoh : <link rel=”stylesheet” href=http://site.com/style.css type=”text/css” />

Tag link memiliki beberapa atribut:
Atribut yang ada di dalam body adalah sebagai berikut:

Contoh Penerapan Kode HTML & Tampilan Output

Aturan Dalam Penulisan HTML  

  1. Tag di tulisa dengan di awali tanda < dan di akhiri >
  2. Tidak boleh menggunakan spasi kosong contoh < tittle>
  3. Tag boleh di tulis dengan huruf kecil / besar dan bisa kedua duanya

Kode Warna HTML 

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang tag-tag HTML alangkah baiknya terlebih mengetahui kode warna yang akan sering digunakan dalam penulisan tag-tag HTML. Pengaturan warna untuk halaman HTML menggunakan kode warna RGB (red, green, blue) yang mana setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal. Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau, dan biru. Sebagai contoh 00 pada dua digit pertama berarti tidak ada warna merah,dan seterusnya.

Elemen - Elemen Dasar HTML

Heading

Heading digunakan untuk menentukan ukuran suatu berkas atau teks. Terdapat enam buah heading yang dikenal HTML, yaitu <h1> sampai <h6>. Semakin besar tingkatannya, maka semakin kecil tulisannya. Tag heading memiliki atribut[left|center|right], default left.

Break

Tag break <br> digunakan untuk membuat baris baru di halaman web. Tag break tidak memerlukan tag penutup.

Paragraf

Tag paragraph <p> berfungsi untuk mengatur paragraf dalam sebuah halaman web. Atribut yang ada pada elemen paragraf adalah: align=[left|cente r|right] yang berfungsi untuk mengatur kerataan paragraf. Default dari elemen paragraf adalah left.

Horizontal Rule

Tag horizontal rule <hr> berfungsi untuk menampilkan garis horizontal di halaman web. Tag ini sekaligus akan membuat garis baru. Tag <hr> tidak memerlukan elemen penutup </hr>.

Komentar

Komentar dalam sebuah dokumen berfungsi sebagai catatan atau komentar terhadap dokumen itu sendiri. Catatan/komentar yang disisipkan tidak adakan ditampilkan dalam browser. Komentar yang dibuat diawali dengan tag <!-- Khusus untuk tag komentar -->, tag penutup tidak perlu menggunakan tanda garis miring.

Elemen Baru HTML 5

Berikut beberapa elemen Markup yang terdapat dalam HTML5:

Elemen Media

elemen ini berguna untuk media input atau output sebuah object dimana ada sebuh gambar atau vidio, mengisi embeded contohnya seperti plug-in atau mengambil vidio dari youtube

Elemen Canvas

Membuat halaman gambar pada halaman web

Elemen Form

Daftar Pilihan
Hasil kata kunci
Jenis output yang di tulisa oleh script

Elemen List

bernilai seperti ( angka romawi besar & kecil ,huruf besar & kecil, angka pertama, bulet kotak, bulet titik , bulet lingkaran )

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermamfaat :)

Sumber Artikel : 
google
wikipedai indonesia
Arief, M. R. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET. 
Arifin, Oki.2017. Modul Pemrograman Web Lanjut. Yogyakarta : Universitas AMIKOM Yogyakarta. Farida, Lilis Dwi. 2017. Modul Pengenalan Peracangan Web . Yogyakarta: Universitas AMIKOM Yogyakarta. 
Khafidli, M. Firgiawan. (2011). Trik Menguasai HTML5, CSS3, PHP Aplikatif. Yogyakarta: Lokomedia. 
Pidie, Ghazali. Modul Langkah Demi Langkah Menguasai HTML5. 
Sidik,Betha.Ir, Pohan, I.Husni.2012. Pemrograman Web dengan HTML. Bandung : Informatika.

0 Response to "Apa itu HTML ? : Belajar HTML Dasar lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel